Permintaan Tinggi! Begini Cara Kirim Briket Arang Ke Luar Negeri

Permintaan Tinggi! Begini Cara Kirim Briket Arang Ke Luar Negeri

Ada satu potensi bisnis yang cukup menjanjikan di dunia ekspor, salah satunya adalah potensi kirim briket arang tempurung kelapa ke luar negeri. Ya, kalian tidak salah baca, arang yang sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak berguna di Indonesia ternyata peminatnya banyak di negara luar.

Terkesan sepele, sebagian penjual arang briket mematok harga Rp6.000 – Rp7.000/kg, tetapi kalau dijual ke luar negeri harganya bisa naik berkali lipat jauh di luar bayangan.

Kalau diakumulasi secara total pemilik usaha ekspor briket bisa menjual hingga kapasitas ton. Dikutip dari berbagai sumber harga jual per ton untuk briket arang bisa mencapai 1.200 USD atau setara Rp11,280 juta.

Namun, tentunya briket arang yang laku dipasaran itu kualitasnya bagus dan teruji. Tidak bisa sembarangan, bahkan kalau melihat trend yang ada di media sosial sebagian besar pengekspor briket arang ini sudah tahu kriteria kualitas arang briket yang mereka buat.

 Adapun beberapa hal yang mempengaruhi harga dari briket arang yang diekspor antara lain:

  • Kadar air rendah, setidaknya briket yang bagus mempunyai kadar air 7 sampai dengan 12 persen
  • Pemanasan yang tinggi, pada saat proses pembuatannya melalui proses pemanasan di tungu 100 celcius, sehingga pembakaran lebih sempurna
  • Usia tempurung kelapa, bahan briket arang yang bagus adalah tempurung kelapa yang usianya sudah tua dan cukup keras
  • Alat kerja dan komposisi bahan, Anda juga perlu berinvestasi untuk menyediakan alat kerja yang memadai dan menentukan takaran bahan pembuatan beriket yang pas antara arang, air, dan tepung tapioka

Prosedur Untuk Kirim Briket Arang Ke Luar Negeri (Aman dan Terjamin)

Sudah ada gambaran mengenai pembuatan briket arang yang bagus? Jangan langsung praktik, sekalian pahami juga regulasi pengiriman briket arang ke luar negeri supaya ekspor yang kalian lakukan berhasil tanpa kendala.

Perlu Anda ketahui bahwa briket arang ini sebenarnya tergolong dangerous goods klasifikasi 4.2 (barang berbahaya) karena mudah terbakar ketika berada di suhu tertentu.

Lantas apakah tidak boleh mengirimkan barang seperti ini?

Bukan tidak boleh, tetapi ada aturan ketat yang harus kalian pahami. Bagian paling utama adalah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh petugas bandara (apabila pengiriman via cargo udara).

Untuk informasi lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut.

1. Lengkapi Persyaratan Dokumen Ekspor

Setidaknya ada tiga dokumen yang perlu Anda siapkan supaya proses kirim briket arang ke luar negeri bisa diterima. Adapun dokumen yang dibutuhkan antara lain: MSDS (Material Safety Data Sheet) atau lembar data keselamatan bahan, Analysis Report, dan Self Heating Report atau sertifikat uji pemanasan sendiri.

Informasi di atas adalah gambaran umum, regulasinya bisa saja berbeda-beda tergantung negara ekspor tujuan dan ketentuan ekspedisi terbaru.

Saran kami, minimal lakukanlah konsultasi bersama admin pengiriman barang supaya bisa tahu cara melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

2. Cek Dulu Ongkirnya

Setelah mengetahui dokumen apa saja yang perlu disiapkan, maka Anda perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari jasa ekspedisi ke luar negeri yang menawarkan ongkir termurah.

Jangan sampai terbebani karena ongkos kirim, cek ekspedisi yang memberikan penawaran bagus. Namun, perhatikan juga kualitas layanannya. Memilih yang murah bukan berarti Anda bisa mengabaikan kualitas.

Salah satu trik untuk mendapatkan ongkos kirim yang murah ke luar negeri yaitu dengan mengirimkan barang dalam jumlah tertentu, sesuai dengan penawaran yang disediakan oleh jasa kirimnya.

3. Pilih Target Negara yang Potensial

Bersamaan dengan cek ongkir, Anda juga harus tahu kira-kira negara mana saja yang peminat briket arangnya cukup tinggi. Data penting seperti ini bisa diketahui dengan mudah dengan membaca berita-berita seputar komoditas potensial untuk dikirimkan ke luar negeri.

Kalian juga perlu memahami budaya dan kebiasaan dari negara ekspor tujuan

Menurut data ekspor Indonesia briket di luar negeri banyak digunakan untuk keperluan memasak makanan tertentu seperti BBQ. Untuk wilayah Benua Asia sendiri peminat briket datang dari Jepang, Korea, dan China.

Beberapa wilayah Asia timur juga membutuhkan briket sebagai kebutuhan pembuatan roti seperti: Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Iran, Jordania, Lebanon, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, tetapi juga kawasan Eropa seperti Inggris, Belanda, Jerman juga terbilang potensial untuk ekspor produk ini lho.

Baca juga: Ribuan Produk Indonesia Bebas Bea Masuk Ke Negara Eropa

4. Gunakan Jasa Pengiriman yang Terpercaya

Langkah terakhir adalah poin yang terpenting, jika kalian sudah mengetahui ilmu membuat briket arang yang berkualitas dan prosedur regulasinya, terakhir adalah memilih ekspedisi profesional yang berpengalaman untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Butuh bantuan untuk melakukan kirim beriket arang ke luar negeri? Konsultasikan dulu dengan admin Rifex.co.id, kami siap memberikan informasi yang Anda butuhkan terkait ekspedisi ke luar negeri.

promo
Chat Admin sesuai kebutuhan Pengiriman Anda!