Kemungkinan paket hilang saat dikirim ke luar negeri memang bisa saja terjadi. Meskipun saat ini ekspedisi sudah menggunakan sistem pelacakan yang canggih, tetapi hal seperti ini memang perlu diwaspadai.
Panduan ini kami berikan sebagai panduan bagi pengirim barang, khususnya eksportir pemula. Baik itu perorangan maupun badan usaha untuk pengiriman skala kecil atau besar.
Silahkan simak tindakan pertama yang harus dilakukan saat paket hilang dengan menyimak penjelasan di bawah.
Paket Anda Hilang Saat Akan Dikirim ke Luar Negeri? Lakukan Hal Ini!
Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan jika mengalami kehilangan paket saat dikirim ke luar negeri. Namun, sebelum itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja tanda-tanda hilangnya paket.
- Posisi paket tidak berubah
- Paket tidak diterima padahal sudah cukup lama
- Pengiriman tidak terlacak
- Kurir mengkonfirmasi paket hilang
Jika hal tersebut terjadi, maka hal yang bisa Anda lakukan yaitu:
1. Menghubungi Admin Ekspedisi yang Digunakan
Tentu, langkah awal yang wajib Anda lakukan adalah menghubungi pihak ekspedisi terlebih dahulu. Sampaikan informasi yang Anda temukan di sistem tracking, misalnya posisi paket tidak berubah, error saat pelacakan atau masalah lainnya.
2. Menunggu Konfirmasi dari Ekspedisi
Hilang atau tidaknya paket dalam pengiriman internasional tidak bisa ditentukan secara cepat. Biasanya pihak agen pengiriman akan menghubungi vendor yang mereka gunakan untuk menanyakan posisi dan kejelasan paket. Untuk sistem tracking bisa saja error atau tidak terbaca karena masalah teknis.
Namun,sebenarnya ini belum tentu menandakan paket Anda hilang. Pada intinya diperlukan pengecekan lebih lanjut untuk memastikannya. Anda mungkin akan diminta menunggu 1 x 24 jam atau lebih tergantung kebijakan ekspedisi mengenai kejelasan paket tersebut.
3. Terkonfirmasi Hilang? Klaim Asuransi
Apabila paket memang sudah terkonfirmasi hilang oleh pihak kurir vendor dan ekspedisi, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengklaim asuransi. Namun, kebijakan ini biasanya berbeda-beda tergantung jasa kirim yang Anda gunakan.
Inilah alasan kenapa kami selalu menyarankan Anda untuk mengecek kejelasan ekspedisi sebelum menggunakan layanannya. Karena pasti akan merepotkan jika layanan pengiriman barang yang Anda pilih ternyata tidak menyediakan asuransi sama sekali.
Selanjutnya, untuk memproses klaim asuransi, Anda bisa bertanya lagi ke admin ekspedisi mengenai persyaratan dan ketentuan klaim tersebut supaya lebih jelas.
Baca juga: Ini Pentingnya Asuransi Saat Pengiriman ke Luar Negeri
4. Memberitahukan ke Penerima Bahwa Paket Hilang
Terakhir, jangan lupa untuk memberitahukan kepada penerima bahwa paket hilang dan tidak terkirim dengan baik. Dengan begitu ia tidak akan menunggu atau bertanya terus ke pihak ekspedisi karena semua masalah sudah terselesaikan.
Alasan Mengapa Paket Bisa Hilang Saat Dikirimkan ke Luar Negeri
Ada beberapa alasan yang membuat paket atau barang statusnya hilang saat dikirimkan ke luar negeri. Sekali lagi hal ini tidak terprediksi dan dapat terjadi pada siapa saja.
Namun, selagi ekspedisi yang Anda gunakan sudah terpercaya dan kredibel maka semestinya mereka akan bertanggung jawab atas kehilangan tersebut. Adapun beberapa penyebab yang membuat hal ini terjadi yaitu:
1. Kesalahan Pengiriman
- Label yang Tidak Jelas: Jika label pengiriman tidak terbaca dengan baik atau salah ditulis, paket dapat tersasar ke alamat yang salah.
- Proses Sortir yang Keliru: Dalam proses sortir di pusat distribusi, paket bisa saja tertukar atau salah arah.
2. Masalah di Bea Cukai
- Pemeriksaan yang Ketat: Paket internasional sering kali melalui pemeriksaan bea cukai yang ketat. Jika ada dokumen yang kurang atau tidak sesuai, paket bisa ditahan atau bahkan hilang.
- Pajak dan Biaya Tambahan: Terkadang, paket diharuskan membayar pajak atau biaya tambahan yang tidak terbayar, sehingga menyebabkan penahanan.
Baca juga: Penyebab Paket Ekspor Tertahan di Bea Cukai dan Solusinya
3. Kondisi Cuaca
- Bencana Alam: Kondisi cuaca ekstrem, seperti badai, banjir, atau gempa bumi, dapat mengganggu jalur pengiriman dan menyebabkan paket hilang dalam perjalanan.
- Transportasi yang Terganggu: Cuaca buruk juga dapat mengakibatkan penerbangan atau pengiriman darat dibatalkan, yang dapat menghambat pengiriman paket.
4. Kesalahan di Pihak Ekspedisi
- Keterlambatan dan Kehilangan di Gudang: Paket bisa saja hilang di gudang penyimpanan ekspedisi, baik karena human error atau masalah sistem.
- Kecelakaan dalam Pengiriman: Kecelakaan transportasi dapat menyebabkan kerusakan atau kehilangan paket.
5. Penipuan atau Tindak Kriminal
- Pencurian: Dalam beberapa kasus, paket bisa menjadi sasaran pencurian, baik di lokasi pengiriman maupun dalam perjalanan.
- Skema Penipuan: Ada kemungkinan penipuan yang melibatkan pengakuan palsu atas paket yang tidak pernah dikirimkan.
Itu dia penjelasan mengenai paket hilang saat dikirim ke luar negeri, kami harap informasi di atas bisa bermanfaat. Ingin lebih aman saat mengirimkan barang ke berbagai negara?
Gunakan saja Rifex.co.id, kami sudah mengirimkan lebih dari 1.000 paket, terpercaya, legalitas resmi. Dapatkan ongkos kirim terjangkau dengan proses yang mudah!
Khusus paket yang dikirim melalui Rifex.co.id jika paket dinyatakan hilang oleh kurir vendor maka ada biaya penggantian maksimal 1 juta rupiah. Jadi, apabila harga paket 1,5 juta maksimal nilai penggantian tetap sama. Untuk detailnya bisa Anda baca di S&K Rifex.