Mau Kirim Sambal Ke Luar Negeri? Begini Caranya!

Mau Kirim Sambal Ke Luar Negeri? Begini Caranya!

Makan kurang lengkap kalau belum pakai sambal, di Indonesia sambal sudah menjadi kebutuhan utama. Namun melihat peminat sambal di dunia, hanya ada beberapa negara saja yang mempunyai minat dengan masakan pedas. Salah satunya adalah Amerika atau USA. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan kirim sambal ke luar negeri maka penting untuk memahami potensi pasar yang ada.

Anda tidak bisa secara acak mengirimkan suatu produk untuk dijual ke luar negeri. Melainkan diperlukan adanya survei, pengujian minat terhadap produk, dan trend ekspor yang banyak dikirimkan ke negara tujuan.

Setelah mengetahui negara tujuan ekspor yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah memahami prosedur pengiriman sambal ke luar negeri yang sesuai dengan regulasi internasional, supaya produk Anda tidak ditahan oleh petugas pengecekan ekspor-import.

Mau Kirim Sambal Ke Luar Negeri? Begini Ketentuannya!

Perhatikan ketentuan dan prosedur ini sebelum menggunakan jasa kirim sambal ke luar negeri. Jangan khawatir, caranya cukup mudah untuk diterapkan.

1. Sambal Sudah Terdaftar BPOM

Tidak seperti pengiriman domestik, Anda bisa kirim sambal tanpa perlu mendaftarkan produk tersebut ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Namun aturannya beda lagi kalau ekspor. Anda wajib membuktikan dan menjamin bahwa semua bahan baku pembuatan sambal tersebut benar-benar menggunakan komposisi yang aman dan berkualitas bagus.

Jangan coba-coba mengirimkan sambal tanpa lisensi BPOM, karena produk Anda tidak akan sampai bahkan akan dihancurkan oleh pihak petugas karena berpotensi berbahaya bagi kesehatan.

2. Cantumkan Label Komposisi Lengkap

Selain BPOM-RI, Anda juga perlu menempelkan label komposisi. Di bagian inilah pembuat produk perlu menjelaskan apa saja bahan pembuatan sambalnya. Harus detail dan lengkap, apabila memungkinkan cantumkan juga tabel Informasi Nilai Gizi.

Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, Anda juga perlu mencantumkan komposisi dalam bahasa inggris mengingat target penjualan ekspor berarti yang nantinya akan membeli adalah konsumen luar negeri.

 Dengan memberikan label produk pada sambal buatan Anda, maka pelanggan akan menjadi lebih yakin dan tentunya ini dapat membuktikan bahwa sambal yang dibuat menggunakan cabai pilihan bermutu tinggi dan melalui proses yang sesuai dengan standar.

3. Jangan Lupa Cantumkan Tanggal Kedaluwarsa

Sambal mempunyai masa kedaluwarsa. Untuk memastikan produk yang dikirimkan masih layak konsumsi maka pengusaha wajib mencantumkan best before (sebaiknya dikonsumsi sebelum) dan expired date (kedaluwarsa pada tanggal). Pastikan tulisan tanggal tersebut cukup jelas untuk dibaca, print langsung pada bagian kemasan sehingga tidak mudah hilang atau terhapus.

Umumnya sambal dalam bentuk bubuk atau dikemas dalam bentuk jar mempunyai masa kedaluwarsa yang lebih panjang. Namun tetap saja tanggal kedaluwarsa harus dicantumkan.

4. Mengisi Data MSDS

Material Safety Data Sheet adalah dokumen penting yang menjadi persyaratan saat kirim sambal ke luar negeri. MSDS atau LDKB berisi tentang nama produk, penggunaan, alamat produsen, nama produsen, hingga nomor untuk keperluan darurat.

Informasi ini ditulis dalam bahasa inggris. Setidaknya ada 6 bagian dalam informasi dalam formuilir ini dan isinya disesuaikan dengan produk.

Apa tujuan penggunaan MSDS saat kirim sambal ke luar negeri?

Fungsinya sebagai memperkuat bukti bahwa produk sambal buatan Anda telah melalui proses yang aman konsumsi, terjamin, dan tidak menggunakan bahan berbahaya.

5. Pengemasan yang Baik

Pengemasan produk untuk sambal umumnya menggunakan jar berbahan kaca yang tebal, botol plastik food grade, dan kemasan serupa. Adapun untuk packing luar produk Anda bisa menggunakan bubble warp, atau bahan lainnya yang sekiranya bisa menjaga kondisi produk supaya tetap aman. Lapisi dengan lakban hitam yang tebal pada seluruh permukaan paket dan pastikan tutup sudah kuat, memastikan isi sambalnya tidak tumpah.

Variasi Sambal yang Biasa Di Ekspor Ke Luar Negeri

Ada banyak jenis sambal yang ada di Indonesia, beberapa diantaranya cukup unik dan jarang ditemukan di negara manapun sehingga ini bisa menjadi potensi yang bagus untuk melakukan ekspor. Beberapa variasi sambal yang dikirim ke luar negara antara lain:

  • Sambal Terasi
  • Sambal Matah
  • Sambal Roa
  • Sambal Bajak
  • Sambal Bawang
  • Sambal Pecel

Ekspor Sambal Indonesia Berpeluang Laris Di Negara-Negara Ini

Selain kirim sambal ke Amerika, beberapa negara lainnya yang cukup potensial sebagai pasar export sambal antara lain: Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, Swiss, Inggris, dan masih banyak lagi. Dominasi Eropa karena produksi sambal di daerah tersebut cenderung jarang sedangkan peminat kuliner pedasnya lumayan banyak.

Dengan memenuhi persyaratan di atas, maka Anda tidak perlu khawatir saat melakukan ekspor sambal. Patuhi ketentuan yang ada maka Anda pasti bisa menjangkau pasar internasional.

Hal yang tidak kalah penting adalah menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri yang tepat supaya Anda bisa tetap berhemat dan produk yang dikirim bisa aman sampai ke negara tujuan.

promo
Chat Admin sesuai kebutuhan Pengiriman Anda!