Saat pertama kali mengirimkan barang ke luar negeri, Anda pasti merasa dihantui dengan risiko paket nyasar, paket terlambat sampai, hingga paket hilang saat proses pengiriman.
Agaknya ini memang wajar. Tapi perlu Anda ketahui terlambatnya paket dalam pengiriman barang ke luar negeri itu bisa terjadi karena beberapa alasan.
Kami akan mencoba menjelaskannya supaya Anda bisa tahu kira-kira apa yang sebenarnya terjadi jika barang Anda tidak kunjung sampai ke negara tujuan.
5 Penyebab Keterlambatan Paket dalam Pengiriman Barang ke Luar Negeri
Kami merangkum ada beberapa alasan yang membuat barang atau paket Anda terlambat tiba di tujuan. Berikut ini beberapa di antaranya.
1. Alamatnya Tidak Jelas
Banyak yang tampaknya kurang memperhatikan hal ini. Kesalahan tulis alamat sangat berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya pengantaran paket oleh kurir setelah barang tiba di luar negeri.
Salah satu huruf, kode pos yang keliru, atau namanya sama sekali tidak sesuai dengan data bisa membuat kurir pusing kesulitan untuk mengantarkan paket Anda ke luar negeri.
Jadi, sebisa mungkin sebelum mengantarkan barang ke kantor ekspedisi sebaiknya cek berulang alamat harus sudah sesuai. Apabila perlu bisa tanyakan lagi ke penerima di luar negeri untuk mencegah salah tulis atau keliru dalam menyebutkan nama distrik atau alamatnya.
2. Penerima Tidak Bisa Dihubungi atau Nomor Kontak Salah
Selain alamat, kontak juga tidak kalah penting bagi kurir luar negeri. Kebanyakan dari mereka tidak langsung antar ke tempat barangkali pemilik sedang tidak ada di rumah atau ada keperluan lainnya.
Oleh karena itu, kurir biasanya akan menelepon dulu si penerima paket untuk memastikan ia adalah penerima sesuai yang dituju pada data pengiriman. Hal yang sering terjadi adalah penerima tidak bisa dihubungi, nomor kontak sudah tidak aktif, atau Anda selaku pengirim salah mencantumkan nomor.
Tentu jika sudah seperti ini ada sedikit keterlambatan untuk pengantaran paketnya. Untuk mencegah hal ini, Anda bisa cek berulang pastikan nomor penerima aktif dan sudah benar sebelum diberikan ke kantor ekspedisi.
3. Pengiriman Mengalami Overload
Overload dalam dunia ekspedisi disebut kelebihan kapasitas. Biasanya hal ini terjadi dalam waktu tertentu ketika ada terlalu banyak pengiriman barang yang terjadi di negara tersebut, maka ada risiko paket akan sedikit terlambat.
Biasanya kondisi overload ini akan diberitahu oleh admin ekspedisi, sehingga solusinya Anda hanya perlu sabar menunggu paket pasti sampai setelah semuanya berjalan lancar.
Alternatif lainnya, penerima bisa mendatangi gudang ekspedisi terdekat untuk mengambil barangnya sendiri.
4. Lupa Cek Estimasi
Dalam pengiriman barang ke luar negeri ada juga yang namanya estimasi, ini menjadi perkiraan berapa lama paket bisa sampai ke negara tujuan.
Normalnya lama pengiriman ke negara-negara yang lokasinya dekat seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Hong Kong itu sekitar 2-4 hari.
Lain cerita jika lokasi pengirimannya agak jauh seperti ke Negara Kroasia, San Marino, Amerika Serikat, dan sebagainya yang sudah lintas benua maksimal bisa sampai 7 hari.
Baca juga: Layanan Cek Ongkir dan Cara Kirim Ke Kroasia Terbaik
Jadi, semestinya kalau belum lewat 7 hari Anda tidak perlu panik. Barang sedang dalam proses pengiriman dan pasti sampai ke tujuan dengan aman.
5. Paket Hilang
Meskipun jarang terjadi tapi kemungkinan tetaplah ada. Saat mengirimkan barang ke luar negeri paket Anda bisa saja hilang di tengah jalan selama pengiriman. Kondisi ini tentunya masih menjadi tanggung jawab ekspedisi, sehingga Anda bisa menghubungi mereka untuk menanyakan kejelasan posisi paket atau ketentuan garansi.
Selain kelima hal di atas, risiko keterlambatan paket juga bisa terjadi karena operasional di bandara (apabila menggunakan kargo udara). Kondisi cuaca buruk atau kendala di pengecekan bea cukai juga bisa membuat barang yang dikirimkan terlambat sampai di tujuan.
Apabila paket tidak memenuhi ketentuan negara penerima. Ada juga risiko disita oleh pihak bea cukai atau petugas di bandara luar negeri.
Pengiriman ke Luar Negeri Lebih Lancar Bersama Rifex.co.id
Ingin memastikan paket yang dikirimkan sampai ke negara tujuan dengan lebih aman? Anda bisa menggunakan layanan jasa pengiriman ke luar negeri dari Rifex.co.id.
Sebenarnya beberapa masalah di atas itu bisa kita cegah. Pertama apabila alamatnya tidak jelas maka tim ekspedisi akan bantu pastikan dan cek apakah alamat ini sudah sesuai atau belum.
Sebagai jasa pengiriman, kami selalu berusaha agar kejadian salah alamat ini tidak terjadi. Selain itu, kami juga akan cek dan pastikan juga bahwa nomor telepon penerima memang aktif koordinasi langsung dengan Anda selaku pengirimnya.
Namun, untuk risiko overload memang tidak bisa ditolak terkadang memang terjadi walaupun jarang. Rifex.coid bekerja sama dengan vendor internasional yang sudah terbiasa meng-handle pengiriman jumlah besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendala seperti ini.
Untuk menggunakan layanan kami silahkan hubungi admin Rifex melalui kontak yang tersedia di website, sekian dan terima kasih.