5 Tips Kirim Kerajinan Keramik Ke Luar Negeri Supaya Tidak Pecah!

5 Tips Kirim Kerajinan Keramik Ke Luar Negeri Supaya Tidak Pecah!

Kirim kerajinan keramik tentunya harus hati-hati dan teliti, produk yang mudah pecah ini sangat rentan terhadap benturan. Sebagai pihak pengirim Anda perlu memperhatiakan kualitas packing, dan standar-standar lainnya yang berkaitan dengan pengiriman produk pecah belah.

Kita semua menginginkan paket yang dikirim ke luar negeri bisa sampai ke negara tujaun tanpa kendala atau hal yang buruk. Mengirimkan kerajinan keramik seperti produk guci, cangkir, gelas, dan ornamen lainnya ada prosedurnya sendiri, pada kesempatan kali ini Rifex.co.id ingin berbagi sedikit informasi praktis yang bisa langsung Anda coba saat melakukan ekspor.

Mari sama-sama cek tips kirim barang kerajinan yang terbuat dari keramik supaya aman dan tidak pecah.

Simak, 5 Cara Aman Kirim Kerajinan Keramik Fragile Ke Luar Negeri

Barang fragile memang risiko kerusakannya sangat tinggi, bahkan sebagian produk mempunyai nilai jual jutaan rupiah jadi ini bukanlah hal yang remeh. Terapkan tips jitu berikut dari kami supaya aman dan lancar ekspedisinya.

1. Siapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Siapkan alat dan bahan untuk packingnya dulu. Fokus utamanya adalah menambahkan pengganjal di dalam pake supaya kerajinan keramik bisa terhindar dari pecah saat terjadi benturan atau goncangan selama melakukan proses ekspedisi.

Alat dan bahan untuk packing fragile
  • Kain Perca
  • Kardus
  • Bubble Warp
  • Potongan Kertas Untuk Melapisi Produk
  • Gunting
  • Lakban

Pastikan Anda sudah memastikan jumlah serta ukuran bahan packing sesuai. Untuk kerajinan dengan ukuran yang kecil mungkin tidak akan bermasalah. Repotnya kalau ukuran kerajinan agak besar seperti guci, proses packing butuh keahlian dari orang yang profesional.

2. Bungkus Paket Kerajinan Keramik Dengan Tepat

Selanjutnya, gunakan bubble warp, kain, hingga kardus. Pastikan produk dilapisi dengan rapat. Lakukan ini secara perlahan dan santai saja jangan buru-buru. Tambahkan lakban dan karet supaya barang tidak tergoncang saat proses ekspedisi berlangsung.

prosedur packing barang pecah belah

Untuk bubble warp sebaiknya pilih yang tebal, jangan gunakan bubble warp bekas. Pastikan lakban juga menempel dengan baik. Proses packing barang fragile memang membutuhkan waktu yang tidak sebenatar, namun agaknya ini cukup layak untuk dilakukan daripada tergesa-gesa nanti paket Anda malah berpotensi mudah rusak.

3. Jangan Biarkan Ada Ruang Kosong

Pastikan seluruh ruang terisi saat packing fragile

Oke, jika semuanya sudah terbungkus dengan baik. Prosedur lanjutannya adalah menambahkan produk keramik tersebut ke dalam sebuah kardus dengan ukuran yang disesuaikan. Karena ukuran produk tidak memenuhi semua ruang yang ada, maka masukkan beberapa kertas, potongan kardus, atau busa yang sekiranya bisa mencegah produk tetap aman. Cek berulang kali pastikan seluruh ruang terisi, keberadaan ruang kosong bisa membuat barang fragile roboh atau terbentur.

4. Lakukan Uji Goncangan dan Kompresi

Ini trik yang jarang orang tahu, sebelum kirim kerajinan keramik ke luar negeri sebaiknya lakukan dulu uji guncangan pada paket Anda. Produk fragile digoyangkan untuk mencari tahu apakah produk posisinya berubah-ubah atau tidak.

Uji goyang dan komperesi paket

Bagaimana cara melakukannya?

Mudah, silahkan angkat paket lalu goyangkan ke kanan dan kiri secara perlahan, jika kualitas packing sudah bagus seharusnya produk tetap berada di tempat tidak roboh. Kemudian, Anda juga perlu melakukan uji kompresi pada area tutup barang langkah yang perlu dilakukan adalah menekan lekukan di paket. Jika terdapat lekukan, silahkan isi kembali ruang yang kosong menggunakan bahan lainnya sampai lolos kompresi.

5. Tempelkan Stiker Label Sebagai Pengingat

Terakhir adalah hal yang tidak kalah penting, mengirimkan kerajinan keramik butuh perlakuan khusus supaya tim ekspedisi dan siapapun yang menghandle paketnya bisa tahu bahwa isi dari paket tersebut adalah barang pecah belah. Ada banyak stiker yang menggambarkan hal ini. Berikut beberapa contohnya:

Contoh stiker fragile atau barang pecah belah

Stiker yang di tempel harus informatif dan jelas, umumnya tim ekspedisi pasti tahu bagaimana ciri-ciri paket fragile salah satunya adalah dengan melihat stiker tersebut.

Kesimpulan

Oke itu dia tips kirim kerajinan keramik ke luar negeri, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang mau kirim paket untuk saudara, rekan, atau kebutuhan dagang.

Rifex.co.id adalah solusi kirim barang ke luar negeri kami membantu memastikan seluruh paket-paket pelanggan aman dan terjaga. Ekspedisi yang disediakan menggunakan cargo udara, metode ini lebih aman untuk mengirimkan barang berupa ornamen dan hiasan yang sifatnya fragile.

Selain minim guncangan, proses sampainya juga lebih cepat. Kapasitasnya juga cukup besar tidak kalah dengan kargo kapal laut.

Saat ini Rifex mampu melayani pengiriman barang ke lebih dari 200 negara di dunia, termasuk wilayah-wilayah yang jauh seperti kirim paket ke Macau dan beberapa destinasi lainnya.

Percayakan kebutuhan ekspor Anda bersama kami, dapatkan ongkir termurah untuk kirim kerajinan keramik ke luar negeri!

promo
Chat Admin sesuai kebutuhan Pengiriman Anda!