Menjual produk kita ke luar negeri sebenarnya tidaklah mustahil. Buktinya banyak UMKM yang sukses menjadi eksportir pemula, dengan menerapkan strategi yang tepat kalian juga bisa mencapai keberhasilan yang sama.
Namun, meskipun memungkinkan tapi ini memang tidak mudah dan instan. Sebagai penjual yang ingin berhasil di pasar global, kalian perlu mempersiapkan beberapa hal mulai dari memastikan legalitas, menguji minat calon konsumen, dan lain sebagainya.
Awal tahun adalah langkah terbaik untuk mempersiapkan semuanya dari nol. Jika kalian berniat untuk memasarkan produk jualan ke berbagai negara di luar negeri, maka ada baiknya untuk simak dulu penjelasan ini sampai selesai.
Cek Dulu 5 Hal Ini Sebelum Menjual Produk ke Luar Negeri
Kami akan mulai dari hal yang paling dasar, justru terkadang karena terlalu basic banyak yang mengabaikannya padahal tahapan ini sangatlah penting. Silahkan perhatikan usaha yang Anda miliki, apakah sudah memenuhi poin-poin ini atau belum.
1. Memenuhi Legalitas atau Perizinan
Pertama, cek lagi apakah bisnis yang selama ini kalian jalankan sudah ada izin atau legalitasnya atau belum. Untuk menjual barang sampai ke luar negeri, apalagi dalam skala yang cukup besar, legalitas adalah hal yang tidak boleh kalian lupakan.
Mengapa bisa demikian? Karena ini nantinya menjadi bukti, bahwa produk yang dikirimkan memang mempunyai asal usul yang jelas, nama pengirimnya adalah perusahaan yang sudah terdaftar sehingga kalau ada apa-apa lebih mudah untuk meminta pertanggung jawaban.
Sekilas mengenai legalitas, di Indonesia perusahaan yang diperbolehkan melakukan ekspor itu antara lain PT Perorangan, CV, dan PT umum. Adapun untuk pengurusan legalitas usaha bisa kalian cek di situs resmi pemerintah AHU.go.id dan OSS.go.id
Semua perizinan ekspor yang kalian butuhkan ada di sana, beberapa dokumen tersebut ada yang bisa diurus online.
2. Melakukan Riset Produk dan Target Negara Ekspor
Ya, kami sudah bilang menjual produk ke luar negeri memang tidak instan, semua butuh kerja keras. Salah satunya adalah melakukan riset atau pengujian untuk mengetahui kira-kira produk apa yang akan Anda ekspor dan kemana target tujuannya.
Coba kita contohkan, misal Anda salah satu pemilik usaha penghasil kopi di Jawa tengah ingin mencoba pasar global maka perlu tahu dulu kira-kira negara dengan minat konsumsi kopi yang tinggi itu darimana saja, lalu cek secara spesifik kopi asli Indonesia paling laris itu di negara apa.
Berdasarkan data dari Kemenlu.go.id negara yang menjadi target pengiriman kopi ke luar negeri dari Indonesia antara lain seperti Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Spanyol dan Malaysia.
Nah, disitulah kalian bisa memulainya antara kelima negara tersebut mana yang sekiranya lebih potensial untuk dijadikan target ekspor unggulan.
3. Pelajari Ilmu Ekspor dan Bahasa Internasional
Tidak hanya fokus ke urusan bisnis dan prosedurnya, sebagai penjual kalian juga perlu memahami ilmu-ilmu eksportir pemula. Ada banyak sumber yang bisa menjadi bahan referensi wawasan termasuk buku, pengalaman dari teman, dan sebagainya.
Selain itu, kalian juga perlu mempelajari bahasa internasional yang banyak digunakan untuk komunikasi dengan klien atau pembeli. Sangat tidak lucu jika orderan sudah mulai banyak tapi malah terabaikan karena Anda tidak paham dengan permintaan customer. Sebagai permulaan dan bagian dasar, kalian bisa memulainya dari mempelajari bahasa inggris.
Baca juga: Layanan Kirim Alat Musik ke Luar Negeri dengan Mudah dan Cepat
4. Promosikan Produk dan Usaha dengan Cerdas
Untuk menjangkau konsumen potensial, maka kalian perlu memperluas jangkauan promosi. Gunakanlah setiap media yang memungkinkan termasuk media sosial hingga internet seperti website untuk membangun branding, menggunakan iklan berbayar (paid ads) dan sebagainya.
Ini adalah tantagan terberatnya, karena target kita adalah orang luar negeri maka metode promosi kita juga tidak bisa yang biasa-biasa saja. Sebisa mungkin kalian perlu kreatif menciptakan ide-ide promosi agar produk semakin dikenal banyak orang.
5. Bekerja Sama dengan Vendor Ekspedisi Internasional
Produk sudah oke, promosi juga jalan terus, tapi kalau masih terkendala di operasional pengiriman, ya percuma. Oleh karena itu, sebagai eksportir kalian juga harus pandai dalam memilih perusahaan jasa pengiriman ke luar negeri.
Pastikan mereka punya izin dan lokasi kantor yang jelas. Perhatikan pengalaman dan ulasan customer yang sudah pakai jasanya. Ingat, pengiriman ini penting pastikan mereka bertanggung jawab dan punya kredibilitas yang bagus agar produk bisa sampai ke tujuan dengan aman tidak rusak di jalan apalagi sampai hilang tak jelas keberadaannya.
Oke itu dia penjelasan mengenai tips sukses menjual produk ke luar negeri, semoga bisa bermanfaat. Jangan ragu untuk menghubungi kami, Rifex.co.id menyediakan jasa pengiriman barang ke luar negeri dengan target negara yang luas. Dapatkan ongkir murah dan proses pengiriman yang mudah bersama admin Rifex.co.id!